Cara Mengecek Sepatu Kulit Asli Atau Sintetis

Sebelum membeli sepatu kulit asli kita harus berhati-hati karena semakin berkembanganya teknologi kulit sentetis yang dibuat semakin sulit dibedakan dengan yang asli, tapi bagaimanapun juga manusia tidak akan pernah bisa menyamai buatan tuhan. Nah disini kita akan kasih kamu tips bagaimana cara mengecek sepatu kulit asli atau sintetis.

 

Harga
Harga memang tidak bisa dijadikan patokan tetap untuk menentukan keaslian kulit, tapi kalo kita menemukan orang yang mengaku menjual barang yang dibuat dengan kulit asli tapi harga yang ditawarkan kita harus lebih berhati dan lebih teliti sebelum membelinya.

Tekstur
Teksturnya cenderung tidak beraturan, sedangkan teksture yang sintetis beraturan karena pembuatannya dicetak oleh mesih.

Bau
Kulit asli memiliki bau kulit yang khas seperti pada proses penyamakan, sedangkan sintetis baunya menyengat dan berbau karet karena karena menjadi bahan dasarnya.

Permukaan
Permukaan yang asli cenderung halus, sedangkan permukaan sintetis terasa kesat(karena berbahan dasar karet).

Teteskan Air
Coba teteskan sedikit air dan diamkan beberapa saat, setelah itu lap air dan lihat apakah permukaan kulit terlihat lebih gelap karena air sedikit menyerap kedalam. Jika iya berarti asli dan sebaliknya, karena sintetis terbuat dari karet maka tidak mungkin dapat menyerap air.

Dibakar
Sebisa mungkin jangan pernah dipake hehe.. Kalo masih pemula nanti bakarnya bisa kelamaan alhasil jadi gosong, kulit asli dan sintetis sama-sama bisa dibakar cuma kulit asli punya ketahanan lebih lama. Biasanya sintetis dibakar sebentar terus digesek-gesek permukaannya bakal terkelupas dan mengelotok, sedangkan yang asli tidak akan ngelotok cuma akan gosong kalo kelamaan bakarnya.

Sekian tips cara mengecek sepatu kulit asli atau sintetis, semoga bisa berguna.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *